√ Transfer OVO Gagal 2021 : Penyebab & Cara Mengatasi

Transfer OVO Gagal – Melakukan transaksi perbankan kini semakin mudah untuk dilakukan dimana saja dan kapan saja, terutama transfer uang. Pasalnya, saat ini sudah tersedia cukup banyak pihak bank yang menyediakan layanan transaksi secara online.

Selain menggunakan layanan perbankan tersebut, masyarakat juga dapat melakukan transfer online melalui layanan dompet digital seperti OVO. Namun, sebagian pengguna OVO mengeluhkan permasalahan pada saat transfer OVO tidak berhasil atau gagal.

Tentunya permasalahan tersebut sangat menjengkelkan, terlebih lagi pada saat keadaan genting dimana kita harus melakukan transfer dari OVO ke rekening sesorang. Meskipun hal tersebut tidak terlalu sering terjadi, namun hal ini akan sangat mengganggu.

Oleh sebab itu, bagi yang mengalami kegagalan atau tidak bisa transfer dari OVO, penting untuk mengetahui apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasinya. Nah, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap penyebab dan cara mengatasi transfer OVO gagal.

Transfer OVO Gagal

Meskipun permasalahan tersebut akan sangat mengganggu, jangan khawatir karena terdapat beberapa solusi untuk mengatasinya. Tanpa berlama-lama lagi, simak baik-baik ulasan di bawah ini.

Penyebab Transfer OVO Gagal

Penyebab Transfer OVO Gagal

Terdapat beberapa penyebab mengapa transfer dari OVO tidak berhasil atau gagal. Berikut adalah penyebab seseorang tidak bisa melakukan transfer OVO ke sesama dan ke rekening bank.

1. Jaringan Internet Tidak Stabil

Penyebab gagalnya transfer OVO ini bisa dikarenakan jaringan internet smartphone tidak stabil. Maka dari itu, pastikan jaringan internet lancar ketika hendak mengirim saldo OVO.

2. Nomor Rekening atau Kode Bank Tujuan Salah

Salah memasukkan nomor rekening dan kode bank tujuan juga dapat menjadi penyebab transfer OVO gagal. Sebagai contoh seseorang akan melakukan transfer OVO ke BNI, maka harus manambahkan KODE TRANSFER sebelum memasukkan nomor rekening BNI.

3. Akun OVO Belum di Upgrade

Kemudian akun OVO yang belum di upgrade juga bisa menjadi penyebab gagalnya pengiriman. Oleh karena itu, pastikan akun OVO kalian telah di upgrade dari CLUB user ke Premier.

4. Aplikasi OVO Belum Update

Tentunya agar dapat melakukan transfer OVO ke dompet digital lainnya atau ke rekening bank, pengguna harus mengupdate atau memperbarui aplikasinya. Lakukanlah update aplikasi melalui Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS.

5. Data Chache OVO Belum di Hapus

Penyebab transaksi pengiriman gagal yang terakhir yaitu data chache OVO belum di hapus. Pengguna dapat menghapusnya melalui pengaturan bawaan smartphone, pilih aplikasi OVO dan pilih hapus data.

Cara Mengatasi Transfer OVO Gagal

Setelah mengetahui penyebabnya, tentunya kalian juga harus mengerti bagaimana tata cara mengatasinya. Berikut langkah-langkah mengatasi transfer dari OVO mengalami kegagalan yang bisa diikuti dan lakukan.

1. Logout Akun OVO

Logout Akun OVO Cara Mengatasi Transfer OVO Gagal

Cara pertama ini dapat dilakukan untuk mengatasi kegagalan pengiriman sesama OVO atau ke rekening bank lain, yaitu dengan logout akun OVO. Jika cara tersebut sudah kalian lakukan, kemudian login kembali menggunakan akun sebelumnya.

2. Hapus Data Aplikasi OVO

Hapus Data Aplikasi OVO

Apabila cara pertama gagal, maka kalian bisa menggunakan cara kedua yaitu menghapus data aplikasi OVO. Caranya yaitu masuk ke menu Pengaturan > Aplikasi > OVO > Hapus Data. Setelah terhapus datanya, login kembali menggunakan akun OVO kalian.

3. Update Aplikasi OVO

Update Aplikasi OVO

Seperti yang sudah kami singgung di atas, aplikasi yang belum di update juga bisa menjadi alasan mengapa transaksi transfer OVO tidak berhasil atau gagal. Maka dari itu, apliksi OVO wajib diperbarui apabila menerima notifikasi.

4. Tunggu Sebentar

Mungkin, cara ini menjadi cara termudah mengatasi gagal transfer. Pasalnya, kalian hanya perlu menunggu dan terus memantau hingga saldo penerima atau saldo OVO kalian berkurang pada saat transaksi pengiriman gagal.

Hal itu dikarenakan terdapat beberapa kasus pengguna hanya perlu menunggu antar 3 sampai 5 jam hingga transfer dapat berhasil. Namun, cara mengatasi kegagalan transfer ini tidak kami anjurkan apabila kalian melakukan pengiriman ke orang yang baru dikenal.

5. Hubungi Customer Service OVO

Hubungi Customer Service OVO

Apabila cara-cara di atas belum berhasil dilakukan, maka menghubungi Customer Service OVO menjadi cara terakhir untuk mengatasi transfer gagal. Di bawah ini adalah beberapa Contact Center OVO yang bisa dihubungi.

  • Website resmi : https://www.ovo.id/
  • Email : cs@ovo.id
  • Telepon : 1 500 696
  • Facebook : @OVOIDN
  • Twitter : @ovo_id

Transfer OVO Gagal Kode 400

Di atas sudah kami jelaskan apa saja penyebab serta cara mengatasi transfer OVO gagal. Selanjutnya kalian juga harus memahami kode-kode apa saja yang muncul ketika gagal melakukan transaksi transfer ke sesama OVO ataupun ke rekening bank.

Apabila pengguna mendapatkan kode 400, berarti permasalahan tersebut belum teridentifikasi oleh pihak OVO. Pengguna bisa mengatasinya dengan melakukan transaksi berkali-kali selama saldo OVO belum berkurang.

Transfer OVO Gagal Kode 500

Selain muncul kode 400 pada saat mengalami kegagalan transfer OVO, terdapat juga pengguna yang mendapatkan kode 500. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pengguna bisa langsung menanyakan langsung ke Customer Service OVO melalui telepon atau melaporkannya ke akun resmi sosial media OVO.

FAQ

Mengapa Pengguna OVO Tidak Bisa Transfer ke Rekening Bank?

Pastikan level akun OVO pengguna sudah Premier dan saldo OVO Cash cukup untuk melakukan transaksi transfer di tambah dengan biaya transfer.

Berapakah Biaya Transfer OVO ke Rekening Bank?

Pengguna OVO akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 2.500 per transaksi ketika melakukan transaksi pengiriman ke rekening bank.

Itulah sekiranya penjelasan mengenai penyebab dan cara mengatasi transfer OVO gagal versi Ovoint.com. Semoga dengan adanya informasi di atas dapat membantu kalian mengatasi permasalahan gagal melakukan transaksi pengiriman dari OVO ke sesama atau ke rekening bank.