PIN GoPay Dinonaktifkan ? 8 Penyebab & Cara Mengatasinya

PIN GoPay Dinonaktifkan – Berbagai macam transaksi keuangan kini tidak hanya bisa dilakukan hanya di aplikasi perbankan semata. Namun dengan tumbuh kembangnya industri dompet digital. Sekarang kita bisa melakukan transfer, tarik tunai, bayar tagihan hingga beli pulsa dan lain sebagainya hanya dengan memanfaatkan saldo dompet digital.

Dompet digital sendiri adalah salah satu alat pembayaran berbasis aplikasi mobile yang bisa kita pakai setiap saat sesuai kebutuhan. Di Indonesia sendiri tercatat sudah ada cukup banyak aplikasi dompet digital yang bisa kita manfaatkan, termasuk salah satu diantaranya adalah GoPay yang merupakan e-Wallet resmi milik Gojek.

Tidak sekedar hanya memberi kemudahan untuk setiap transaksi yang dilakukan para pemilik akun. GoPay juga tetap memprioritaskan sistem keamanan saldo para pengguna. Banyak inovasi yang diaplikasikan untuk meningkatkan keamanan tersebut. Salah satunya yakni dengan menambahkan PIN GoPay.

Sama seperti PIN ATM maupun PIN Mobile Banking, fungsi utama PIN GoPay sendiri untuk mengkonfirmasi transaksi yang akan dilakukan. Dengan begitu tidak ada orang lain yang dapat mengutak – atik saldo GoPay kalian tanpa mengetahui PIN GoPay tersebut. PIN GoPay sendiri terdiri dari 6 digit angka unik yang bisa kalian buat sesuai keinginan.

PIN GoPay Dinonaktifkan dari Penyebab Cara Mengatasi

Namun jika bicara mengenai PIN, tentu saja ada satu, dua atau lebih pengguna yang mungkin mengalami masalah terkait PIN. Entah itu lupa, ganti atau bahkan dinonaktifkan oleh pihak Gojek. Yang jadi pertanyaannya bagaimana jika PIN GoPay Dinonaktifkan? apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya?.

Penyebab PIN GoPay Dinonaktifkan

Penyebab PIN GoPay Dinonaktifkan

Menjadikan GoPay sebagai alat pembayaran digital memang memberi banyak sekali keuntungan. Namun untuk tetap bisa memanfaatkannya kita perlu mengafal PIN GoPay. Karena seperti di awal ovoint.com sampaikan, PIN GoPay akan selalu diminta ketika melakukan transaksi.

Baca  7 Fitur dan Keuntungan OVO yang Dapat Diperoleh

Namun apa jadinya jika PIN GoPay justru dinonaktifkan? Tentu hal ini akan menjadi hal yang begitu memusingkan karena otomatis saldo tidak bisa kita gunakan selama PIN dalam keadaan dinonaktifkan. Mengenai masalah tersebut, berikut ini adalah beberapa indikasi penyebab PIN GoPay Dinonaktifkan yang bisa kalian pahami.

  1. Pin dinonaktifkan karena pihak Gojek mendeteksi adanya transaksi yang tidak wajar, terutama transaksi keluarnya sado di dalam akun tersebut.
  2. Selain itu, PIN GoPay dinonaktifkan juga bisa karena kesalahan pengguna yang terlalu sering mengisi PIN salah terus.

Dari dua masalah tersebut, setidaknya jika kalian selalu melindungi akun dari tindak kejahatan. Kemungkinan besar PIN Dinonaktifkan karena kalian salah PIN 3x atau bahkan lebih dan terlalu sering. Sehingga PIN sementara dinonaktifkan oleh pihak Gojek.

Cara Mengatasi PIN GoPay Dinonaktifkan

PIN GoPay yang dinonaktifkan secara otomatis akan membuat setiap pengguna tidak akan bisa menggunakan saldo GoPay yang mereka miliki. Hal ini sekilas hampir sama seperti ketika AKUN GOPAY TERKUNCI. Lalu adalah solusi untuk mengatasi masalah ini?

Dari penelusuran ovoint.com, setidaknya ada beberapa cara mengatasi PIN GoPay Dinonaktifkan. Bahkan beberapa cara tersebut dapat dilakukan dengan cara online. Hanya saja untuk dapat mengatasi masalah ini setidaknya ada beberapa hal perlu untuk kalian siapkan, diantaranya seperti:

  1. Nomor HP terdaftar di GoPay (harus aktif).
  2. Identitas diri seperti e-KTP / SIM.
  3. Alamat email terdaftar di aplikasi Gojek & GoPay (harus aktif & bisa dibuka).
  4. Foto bukti transaksi (apabila ada).
  5. Screenshot halaman history/order (jika ada).
  6. Screenshot halaman profil.

Setelah semua berkas data di atas telah kalian siapkan. Silahkan cek kembali dan foto menggunakan kamera HP untuk identitas diri. Setelah itu silahkan kalian kirim permintaan bantuan ke pihak GoPay melalui email yang ditujukan ke alamat “cs@go-pay.co.id:” dengan cara seperti berikut ini.

Baca  19 Lowongan Kerja OVO 2021 : Magang & Pekerja Tetap

1. Buka Gmail (desktop/aplikasi)

Pertama silahkan buka aplikasi email yang digunakan (gmail/lainnya).

1 Buka Gmail

2. Buat Pesan Baru

Kemudian silahkan buat pesan baru yang ditujukan ke cs@go-pay.co.id dengan subjek PIN GoPay Dinonaktifkan.

2 Buat Pesan Baru

3. Lengkapi Detail Permohonan Bantuan

Setelah mengisi alamat email tujuan dan subjek permintaan bantuan, silahkan tulis pesan dengan meminta bantuan kepada pihak cs@go-pay.co.id.

3 Lengkapi Detail Permohonan Bantuan

4. Lampirkan Syarat

Lampirkan beberapa syarat di atas dan pastikan sudah sesuai serta benar. Setelah itu silahkan kalian klik kirim dan tunggu beberapa saat.

4 Lampirkan Syarat

5. Lakukan Ganti PIN GoPay

Apabila sudah kalian minta bantuan pihak CS GoPay dengan mengirimkan email seperti di atas, setidaknya selang 30 menit lakukan reset PIN dengan cara sebagai berikut:

  • Buka dan masuk aplikasi Gojek.
  • Kemudian pilih profil lalu pengaturan.
  • Pilih menu Lupa PIN
  • Buat 6 digit PIN baru dan konfirmasi sekali lagi.
  • Masukkan OTP yang dikirim ke nomor HP dan kirim.
  • Tunggu sampai notifikasi PIN telah diganti.
5 Lakukan Ganti PIN GoPay

6. Berhasil

Apabila proses pembuatan PIN baru sudah berhasil dilakukan, maka selamat PIN dinonaktifkan sudah tidak lagi ada.

6 Berhasil

Kesimpulan

Dari penjelasan singkat di atas, bisa kita tarik kesimpulan bahwa selalu salah memasukkan PIN GoPay bahkan 3x salah atau lebih PIN akan Dinonaktifkan. Untuk mengatasinya silahkan kirim email GoPay untuk membantu permasalahan ini.

Sekian lebih dulu pembahasan menarik tentang bagaimana cara mengatasi PIN GoPay Dinonaktifkan bisa ovoint.com sampaikan. Semoga apa yang sudah kami sampaikan di atas bisa menjadi referensi dan bisa menjadi gambaran mudahnya mengatasi masalah PIN GoPay yang dinonaktifkan.